Indika Foundation

Cara Kami Mengembangkan Strategi

Kami mengembangkan strategi melalui kerja kolaboratif yang fokus pada dampak. Tak hanya dapat memperluas dampak, kami percaya kolaborasi juga dapat memicu perbaikan lebih lanjut. Kami pun percaya bahwa perancangan sistem yang membuat orang dapat berkembang dan bekerja dengan baik adalah hal yang penting.

Indika Foundation

Cara Kami Bekerja di Lapangan

Konteks dan relevansi sangat penting. Indika Foundation percaya bahwa mitra lokal dapat membantu kami memahami audiens dan mengimplementasikan aktivitas. Juga, pengetahuan dan jejaring dari mitra lokal mendukung kegiatan kami agar tidak merugikan khalayak sasaran.

Kami pun menyadari bahwa lapangan memiliki kearifan tersendiri yang terkadang tidak dapat kami prediksi sepenuhnya. Menyadari hal ini, kami membuka pikiran saat melakukan pekerjaan dan belajar bagaimana memperbaiki intervensi kami, termasuk bagaimana kami merencanakan, membangun komunikasi, dan melibatkan masyarakat.

Kerja kolaborasi untuk membuat perubahan tak lepas dari bekerjasama dengan berbagai kelompok. Kami menghormati dan menghargai setiap orang tanpa memandang identitas mereka. Hal Ini adalah kesempatan bagi kami untuk membangun koneksi dengan orang-orang dalam melakukan misi kami.

Cara Kami Mengevaluasi

Indika Foundation menjalankan pemantauan dan evaluasi untuk mendapatkan pembelajaran, mewujudkan akuntabilitas, dan menyusun perencanaan yang lebih baik. Kami melakukan pengukuran agar kami bisa belajar, bertanggung jawab, dan memiliki perencanaan yang lebih baik. Ada tiga aspek yang kami ukur, yaitu aset digital, dampak, dan hubungan kami dengan karyawan dan pemangku kepentingan lain.

Dampak yang diciptakan melalui program diukur menggunakan logic model untuk melihat kongruensi antara input, aktivitas, output, outcomes, dan objektif program pada level perubahan tertentu—seperti level pemahaman kognitif atau perubahan perilaku.

Sementara dampak dari kehadiran di media sosial diukur melalui platform analitik untuk mendapatkan data dan insights mengenai pengaruh yang diciptakan aset digital yang dimiliki dan dikelola oleh Indika Foundation dan kolaborator program.

Teknik koleksi data untuk mengukur dampak program dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan pertanyaan survei, refleksi harian dalam bentuk jurnal analog maupun digital, observasi, wawancara mendalam, dan rekaman performa aset digital.

Pemantauan dan evaluasi dilakukan secara berkelanjutan dan ditinjau oleh organisasi setiap tiga bulan dan satu tahun.

Indika Foundation

Temukan kami juga di


Copyright © 2021 Indika Foundation. All rights reserved

Bahasa Indonesia

ID