Indika Foundation
Culture

Culture

Bagaimana Membuat Table Read yang Baik?

Scholastica Gerintya Saraswati

May 05, 2021

Bagaimana Membuat Table Read yang Baik?
Bagaimana Membuat Table Read yang Baik?

Table read adalah dokumen berisi agenda dan pokok-pokok diskusi saat rapat yang akan dibaca dan dikomentari oleh seluruh peserta rapat. Dokumen ini bersifat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Table read yang baik memiliki: Struktur Tabel Baca Setidaknya memuat informasi mengenai:

  • Agenda rapat: Apa tujuan dari dokumen dan rapat ini? Bagaimana proses pertemuannya--misalnya, apakah 15 menit membaca dan berkomentar dalam senyap, lalu 30 menit berdiskusi?
  • Latar belakang rapat: Apa yang dibicarakan pada rapat? Apa masalah yang coba diselesaikan? Apa latar belakang yang perlu diketahui mengenai masalah tersebut?
  • Prinsip: Apa parameter untuk memecahkan masalah? Apakah ada prinsip organisasi, tim, atau program yang perlu diingat?
  • Opsi-opsi untuk memecahkan masalah: Apa saja cara potensial untuk menyelesaikan masalah, serta bagaimana pro dan kontranya?
  • Rekomendasi: Apa rekomendasi tim untuk memecahkan masalah? Mengapa memberikan rekomendasi tersebut? Apa langkah selanjutnya? - Pertanyaan Diskusi: Di ​​mana kita ingin memfokuskan diskusi? Apakah ada keputusan jelas yang ingin kita buat atau area yang ingin kita masukan secara khusus? - Lampiran: Taruh apa pun di sini yang ingin Anda pantau untuk nanti tetapi tidak benar-benar perlu dibaca oleh audiens untuk rapat. Beberapa contoh umum termasuk, detail penelitian, tabel data, glosarium, dll.

Tidak berbentuk poin Artinya, table read tidak berupa intisari atau poin seperti dokumen presentasi atau PowerPoint. Muatan table read harus berupa teks yang elaboratif dan komprehensif. Selain itu, dokumen ini juga bersifat kolaboratif--kami merekomendasikan agar Anda menggunakan Google Docs.

Tidak Butuh Waktu Lama untuk Dibaca dan Dipahami Table read harus bisa dibaca sekitar sepertiga hingga setengah dari waktu rapat yang ditentukan. Misalnya, Anda memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk membaca Tabel Baca dalam rapat 30 menit. Namun, Anda bisa menambah waktu lebih banyak jika peserta rapat butuh waktu tambahkan dalam memberikan komentar.

Maksimal 6 Halaman Jumlah tersebut dianggap sudah cukup untuk memuat topik yang kompleks dan strategis (tidak termasuk lampiran). Table read sepanjang 6 halaman sesuai untuk rapat selama 1 jam, terdiri atas: 15 menit membaca, 10-15 menit memberi komentar, dan 30 menit diskusi.

Masukkan Informasi yang Relevan dan Dibutuhkan Hindari memberikan tautan ke dokumen lain, agar peserta tetap fokus pada dokumen. Anda tetap dapat memasukkan tautan ke sumber eksternal, tetapi pahami bahwa tidak semua peserta rapat sempat membuka tautan tersebut. Gunakan catatan kaki. Sebutkan akronim dan jelaskan istilah asing secara singkat.

Scholastica Gerintya Saraswati

Program, Communication, & Publication Officer

Gerintya adalah lulusan Kajian Media di Ilmu Komunikasi, FISIP UI. Sebelumnya bekerja sebagai periset di Tirto.id dan R&D LPDP Kementerian Keuangan. Di luar waktu kerja, Tia kerap menjadi pemateri atau fasilitator untuk topik literasi informasi bagi kelompok usia muda. Tia adalah salah satu pendiri @_jadigini, proyek digital yang dirancang untuk meningkatkan literasi informasi, sekaligus mendorong generasi muda bersuara tentang isu sosial.


Bagikan melalui

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Sesi Lessons Learned dan Manfaatnya dalam M&E

Aurelia Deviane

Jun 08, 2022

News

Indika Foundation Raih Juara Penghargaan PBB Bidang Perdamaian

May 16, 2021

Scholastica Gerintya Saraswati

Program, Communication, & Publication Officer

Indika Foundation

Temukan kami juga di


Copyright © 2021 Indika Foundation. All rights reserved

Bahasa Indonesia

ID