Indika Foundation
News

Culture

Dorong Demokrasi Inklusif, Indika Foundation Selenggarakan Indonesia Civil Society Forum (ICSF) 2023 Bersama USAID MADANI

Utami Nurhasanah

Jul 04, 2023

Dorong Demokrasi Inklusif, Indika Foundation Selenggarakan Indonesia Civil Society Forum (ICSF) 2023 Bersama USAID MADANI
Dorong Demokrasi Inklusif, Indika Foundation Selenggarakan Indonesia Civil Society Forum (ICSF) 2023 Bersama USAID MADANI

ICSF Tingkatkan Kapasitas dan Sinergi Masyarakat Sipil di Indonesia untuk Memperkuat Demokrasi yang Inklusif di Indonesia

Jakarta, 14 Juni 2023 – Indika Foundation mendukung dan turut menjadi penyelenggara Indonesian Civil Society Forum (ICSF) 2023 bersama USAID MADANI. Diselenggarakan pada 14-15 Juni 2023 di Jakarta, ICSF merupakan forum nasional tahunan untuk berbagi pengetahuan dan mendukung isu-isu terkait masyarakat sipil di Indonesia. Tahun ini, ICSF mengangkat tema “Mempertahankan Masyarakat Sipil di Indonesia: Ruang Sipil, Kapasitas, dan Keberlanjutan”. Kegiatan ini membuka kesempatan bagi 250 perwakilan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), pemerintah, akademisi, media, dan mitra pembangunan, untuk duduk bersama mendiskusikan peran penting OMS dalam mempromosikan perdamaian dan keberagaman sosial, serta memastikan keterwakilan kelompok marjinal dalam kebijakan publik.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly, yang hadir menjadi keynote speaker, menyampaikan, “Masyarakat sipil memiliki peran penting dalam memengaruhi kebijakan dan aksi pemerintah agar lebih reflektif terhadap kebutuhan masyarakat, termasuk masyarakat miskin, rentan, dan kurang berdaya.”

Jeff Cohen, Direktur USAID Indonesia, turut menekankan peran penting OMS, “Masyarakat sipil berperan penting dalam membangun dan mempertahankan masyarakat Indonesia yang beragam dan toleran.” Semangat ini menjadi landasan tercetusnya inisiatif ICSF.

Landasan tersebut juga selaras dengan visi Indika Foundation. Azis Armand, CEO Indika Foundation, menyatakan, “Indika Foundation lahir untuk membantu menjaga agar Indonesia tetap menjadi rumah bagi semua orang tanpa membedakan latar belakang. Kami berkomitmen mendorong demokrasi Indonesia yang inklusif. Untuk itu, kami juga mengajak kita semua untuk bergotong-royong dan bersinergi. ICSF 2023 adalah salah satu langkah konkret mewujudkan cita-cita ini,”

“Kami berharap, ICSF dapat menjadi momen menguatnya kapasitas dan sinergitas masyarakat sipil di Indonesia. Sebab, kami percaya bahwa masyarakat sipil punya kekuatan transformatif untuk mendorong dan memperkuat demokrasi yang inklusif di Indonesia,” tutup Azis.

CEO Indika Foundation, Azis Armand, menyampaikan pidatonya pada ICSF 2023 CEO Indika Foundation, Azis Armand, menyampaikan pidatonya pada ICSF 2023.

<br>

Turut hadir menjadi keynote speaker pada sesi diskusi panel, Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi, menyampaikan, “Kami percaya bahwa OMS berperan penting dan membawa dampak yang luar biasa dalam mewujudkan demokrasi yang damai dan inklusif di Indonesia. Namun, kami menyadari masih banyak tantangan yang dihadapi OMS di Indonesia, baik dari segi kapasitas, pengetahuan, hingga kendala pendanaan. Maka dari itu, kami berharap ICSF dapat berkontribusi menjawab tantangan-tantangan tersebut. Khususnya, mengingat nilai dan semangat kami selaras dengan tujuan ICSF, yaitu membangun demokrasi Indonesia yang inklusif, mendukung upaya perdamaian, serta memperkuat kohesi sosial.”

Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi, pada sesi diskusi panel ICSF 2023 Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi, pada sesi diskusi panel ICSF 2023.

<br>

Oleh karena itu, pada ICSF 2023, Indika Foundation juga memandu langsung diskusi kelompok dengan topik “Menjadi Pemimpin Seutuhnya: Mentransformasikan Perdamaian dalam Diri dan Organisasi”. Melalui diskusi ini, para pemimpin OMS diajak menyelami konsep “leaders with peaceful mind”, sehingga mampu menjalankan peran dengan lebih efektif, menghasilkan program yang lebih baik, dan menciptakan iklim yang harmonis.

Suasana Diskusi Kelompok Menjadi Pemimpin Seutuhnya: Mentransformasikan Perdamaian dalam Diri dan Organisasi Suasana Diskusi Kelompok Menjadi Pemimpin Seutuhnya: Mentransformasikan Perdamaian dalam Diri dan Organisasi.

<br>

Rangkaian kegiatan ICSF 2023 hari pertama ditutup dengan Networking Dinner yang memberikan ruang bagi para delegasi untuk berjejaring dan membuka jalan kerja sama antara satu sama lain. Beberapa tamu undangan yang hadir antara lain Direktur Regional Ford Foundation Indonesia Alexander Irwan, Direktur Regional Ashoka Asia Tenggara Nani Zulminarni, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid, dan Direktur Eksekutif SAFENet Damar Juniarto.

Keterlibatan Indika Foundation di ICSF 2023 mengukuhkan visi besar dan kredibilitas Indika Foundation dalam mendukung dan memperkuat kapasitas OMS Indonesia yang berpengaruh positif terhadap proses demokrasi.

Sejak 2017, Indika Foundation sudah memiliki fokus dalam membangun perdamaian dan pendidikan inklusi di Indonesia melalui program-program peningkatan kapasitas untuk OMS. Sebagai bentuk komitmen dalam memperkuat OMS, Indika Foundation juga menjadi mitra pembangunan bagi OMS yang bergerak dalam pemberdayaan individu dan penciptaan ruang interaksi antar-kelompok. Indika Foundation telah memberikan peningkatan kapasitas kepada lebih dari 200 OMS di 32 provinsi di Indonesia, menyalurkan hibah untuk 80 OMS, dan menjangkau 100 ribu lebih penerima manfaat.

Utami Nurhasanah

Communication Officer: Program

Utami Nurhasanah merupakan pegiat komunikasi sosial yang telah berkarier secara profesional sejak 2019. Ketertarikan dan pengalamannya pada bidang komunikasi sosial telah mengantarkannya menjadi Editor-in-Chief dan Consulting Editor di PeaceGeneration Indonesia dan K-Hub PVE Community. Kini, ia berkarier sebagai Communication Officer: Program di Indika Foundation.


Bagikan melalui

Peringatan Hari Pendidikan Nasional: 100 Penggerak Pendidikan, Figur Publik, dan Awak Media Bangun Jaringan Kolaborasi untuk Capai Misi Pendidikan Indonesia

Utami Nurhasanah

May 07, 2024

News

Jangkau 2.000 Penerima Manfaat, Indika Foundation Gelar Grantee Learning Session (GLS) 2023

December 27, 2023

Utami Nurhasanah

Communication Officer: Program

Indika Foundation

Temukan kami juga di


Copyright © 2021 Indika Foundation. All rights reserved

Bahasa Indonesia

ID